Tuesday, August 19, 2008

Press Release OPICK 'Makin Bercahaya Di Album Keempat'

Opick makin menunjukkan eksistensinya di jalur musik pop religi lewat album keempat yang bertajuk 'Cahaya Hati' (2008). Seperti tiga album sebelumnya : Istighfar (2005), Semesta Bertasbih (2006) & Ya Rahman (2007), pemilik nama lengkap Aunur Rofiq Lil Firdaus ini menawarkan kedalaman makna & mutiara kata-kata dalam sederetan lirik yang dibungkus irama berbasis pop dengan kaya nuansa.

Ayah dua putri yang sempat menjadi penyanyi rock ini, seolah menabrak pakem bahwa tembang religi Islami hanya asyik dikemas dengan musik bernuansa padang pasir. Dalam album Cahaya Hati, selain membuat sejuk batas pendengaran dengan lirik-lirik yang mengajak pada kebaikan, kemasan musik manis pun terasa asyik membelai telinga.

Opick menawarkan kemasan musik mellow, medium beat hingga tembang religi berbalut aransemen musik semi megah dengan kawalan string section yang cantik. "Di album keempat ini boleh dibilang perjalanan bermusik saya sudah makin matang," tandas Opick.
Simaklah tembang Cahaya Hati yang menjadi tembang jagoan dalam album produksi Nadahijrah/Forte Records ini. Opick menggandeng Tya Subijakto, penggarap music score film Ayat-Ayat Cinta, dalam menyajikan aransemen string section & solo violin.

Bersama Tya Subijakto Orchestra, tembang Cahaya Hati yang menyajikan deretan Asmaul Husna (nama-nama Allah), sebagai sumber kekuatan keimanan, menjadi tembang dashyat yang menembus jiwa.

Kekuatan musik orkestra yang bisa membawa dinamika emosi pendengar seolah padu dengan kekhasan dendangan Opick yang menyayat hati. Tembang itu, memadumadankan gempitanya pujian hamba pada Sang Khalik, kepasrahan seseorang pada kekuatan Sang Pencipta & keindahan nama yang menjadi bermakna lantaran mengawal lirik-lirik tembang yang dalam maknanya.

Album keempat Opick ini memiliki keistimewaan lainnya. Sebelum dilempar ke pasaran, beberapa tembangnya sudah lebih dulu "ngeksis". Tembang Tuhan Lindungilah, misalnya, adalah salah satu theme song film Mengaku Rasul, film drama religi yang dibintangi Ray Sahetappy & dirilis tanggal 5 Juni lalu.

Selain itu, tembang Hanya Hamba Allah, juga sudah dikenal lebih dulu. Inilah lagu tema sinetron stripping Hamba Hamba Allah, yang diproduksi SinemArt serta dibintangi Opick.

Dalam tembang ini, Opick kembali berduet dengan "pasangan setia"nya di jalur musik pop religi, Rachel Amanda. Dengan pemain sinetron yang punya nama panggung Amanda ini, Opick sempat berduet sebelumnya lewat tembang Alhamdulillah yang menjadi semacam "tembang religi wajib" di sekolah-sekolah selain tembang Tombo Ati atau tembang pop Bimbo lainnya.

Dan, RCTI jauh-jauh hari sudah meminang tembang Ramadhan Tiba, sebagai teaser atau lagu tema program Ramadhan 2008 di stasiun televisi swasta pertama tersebut.

Ibarat ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk. Itulah kepribadian yang coba ditampilkan Opick. Dengan pengalaman menggarap tiga album sebelumnya plus membaca selera pasar, Opick cerdas dalam menyusun track.

Kekuatan syair & cara berdendang yang sangat menyentuh batas pendengaran memang menjadi ciri khas penyanyi ini. Opick merangkum nilai-nilai kehidupan spiritual dalam liriknya. Mulai dari hubungan khas hamba dengan Sang Khalik hingga hubungan sesama.

Tapi kecerdasan memilih kemasan musik & menyusunnya menjadi deretan tembang dalam satu album soal lain. "Saya ingin menawarkan kesegaran dalam pesan lagu religiyang kontemplatif sekalipun. Keriangan bisa dinikmati dalam beberapa tembang bagi telinga anak-anak," papar Opick.

Opick tetap menawarkan irama riang (medium beat) lewat tembang Alangkah Indah. Sapaan "salam alal muslimin...salam alal mukmimin..." menggema di telinga dalam semangat keriangan tembang tersebut.

& di album keempat ini, Opick mempersembahkan tembang Cinta Setulus Jiwa, bagi segenap orang tua di jagat raya, yang menjalankan ibadah dengan membesarkan anak-anak menjadi generasi yang mumpuni & menjalankan peran sebagai insan bertakwa hingga mempertanggungjawabkan segala perbuatan di akhir jaman, di depan Sang Hakim yang Maha Adil, Allah SWT.

Salam Musik Religi Islami...!
Post a Comment