Thursday, May 19, 2005

Punya Keahlian Lain (Networking) itu Perlu!

Jaring

Dulu, saya suka menganggap bahwa suatu pekerjaan harus kita kuasai secara spesifik & tidak perlu menguasai bidang lainnya.Misalnya saya merasa sangat menguasai dibidang musik...maka saya hanya perlu menguasai alat musik saja misalkan Piano atau Keyboard. Maka dari keahlian itulah kita dapat mencari sesuap berlian...:p

Namun ternyata hanya ahli dibidang musik saja ternyata belum cukup....bisa main Band, sudah rekaman, manggung lagi sana sini masuk dari Pub satu ke Pub lainnya masih mengganjal perasaan saya. Apa hanya begini saja cara mencari nafkah kah?Halal atau Haram kah mencari nafkah di Hiburan Malam?(batinku menjerit.....aaaaggghhhh!!)

Atau saya pernah mencoba dengan cara bekerja sebagai instruktur Piano/ Keyboard di Purwacaraka..kurang lebih 1 1/2 tahun saya bekerja disana namun saya merasakan ada suatu kehampaan yang sangat mendalam dalam bekerja.
(Padahal musik dapat dibilang seperti nyawa keduaku...)

Saat ini saya bekerja di sebuah perusahaan yang kurang lebih masih ada hubungannya dengan keahlian saya di bidang musik, namun saya sangat menginginkan sesuatu yang lebih dapat memberikan nilai tambah seperti kerja paruh waktu, atau mencoba usaha sendiri dengan bakat yang kumiliki.

Dan sudah sejak lama saya sangat menyadari bahwa apapun pekerjaan seseorang memerlukan yang namanya Networking/ jaringan pertemanan....terutama yang menunjang untuk pekerjaan yang kita geluti sekarang.
Untuk mencari teman yang memang berhubungan yang sesuai dengan bisnis kita memanglah tidak mudah, & bila diiringi dengan usaha keras, ketekunan, kesabaran maka kita akan berhasil mencapai tujuan. O i ya, kita harus menentukan tujuan dulu apa yang hendak kita capai.

Siapa teman yang akan kita hubungi (Contacting), kita bikin janji (Appointment), ketemu lalu presentasi (Presentation)...lalu follow up hingga berhasil...tingkat keberhasilan saya sering mendengar secara teoritis bila dari orang yang dihubungi 100 orang, 10 org berhasil buat janji dengan kita, dan berhasil membuat bisnis dengan 1 orang saja....nah jadi kita harus sebanyak mungkin untuk kontak dengan orang agar dapat buat janji & berhasil membuat bisnis.

Kita jangan statis, harus agresif, aktif, & dinamis untuk melakukan suatu perubahan.
Namun memang berteori lebih mudah dilakukan daripada kita terjun secara langsung...namun tidak ada salahnya saya mengingatkan rekan2 bahwa Pekerjaan Lain (Networking) itu Perlu!

Dan yang paling penting adalah perbanyaklah teman & jauhilah sikap permusuhan....peace :)

pic. taken from www.german-business-etiquette.com
Post a Comment