Wednesday, January 16, 2013

Jakarta Kebanjiran

Ya, Jakarta Kebanjiran. Curah Hujan yang semakin tinggi di bulan Januari 2013 ini menyebabkan Banjir dimana-mana, terutama di Jakarta Ibukota Indonesia tercinta ini. Menurut BMKG puncaknya akan terjadi di Bulan Februari 2013

Penyebabnya bermacam-macam :

  1. Banjir akibat Sungai Ciliwung yang meluap menyebabkan banjir tahunan menimpa Bantaran Sungai Ciliwung yang paling terkenal adalah di sekitaran Kampung Melayu, Bukit Duri, Kampung Pulo, Dewi Sartika & sekitarnya. 
  2. Ada pula yang disebabkan oleh tersumbatnya gorong-gorong, selokan, kali, sungai, akibat masyarakat yang membuang sampah sembarangan.
  3. Akibat Maraknya penebangan pohon tanpa diimbangi penanaman tanaman baru, pembangunan Rumah/Villa di daerah Puncak, banyaknya pembangunan gedung2 tinggi tanpa diimbangi dengan penghijauan.
  4. Ada juga akibat yang disebabkan memang daerah DKI Jakarta yang banyak cekungan2 mengakibatkan saat curah hujan sangat tinggi tidak selaras dengan aliran air menuju selokan atau gorong2. Tapi yang sering terjadi & paling merusak adalah akibat yang ditimbulkan oleh no 1,2 & 3.
Apa yang harus dilakukan agar Banjir tidak terjadi lagi atau setidaknya berkurang dalam jangka pendek ataupun jangka panjang?beberapa diantaranya adalah :
  1. Memperbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH)
  2. Pembersihan Gorong2,Saluran, & Kali atau Sungai secara kontinu tidak hanya waktu banjir saja
  3. Tidak membuang sampah sembarangan di jalanan ataupun di kali atau sungai atau dimana saja, Buanglah sampah pada tempatnya.
  4. Pembuatan Biopori di Ruang Terbuka Hijau (RTH) & di halaman rumah.
  5. dll
Nomor 3 & 4 dapat kita laksanakan langsung tanpa harus menunggu orang lain, & yang terpenting apa yang dapat kita lakukan sekarang mulai saat ini adalah dengan penuh kesadaran Jakarta tanggung jawab kita juga bukan hanya Pemerintah Provinsi DKI saja, milik kita bersama, milik masyarakat maka sudah sepantasnya dijaga & dipelihara dengan tidak membuang sampah sembarangan.
Post a Comment