Wednesday, July 29, 2009

MENJUAL LAGU LEWAT WEB DAN MOBILE CHANNEL

Pembicara : Daniel Tumiwa

Lagu dibagi 2 kategori :
1. Lagu Hits (komersil & industri)
2. Lagu not Hits (Arts)

Sebagai musisi harus bisa memisahkan antara lagu Arts & komersil
Wajah Musik lagu HITS Indonesia saat ini : Mba Surip, Kangen Band, Wali, Hijau

Daun dll

Modal membuat album (Produksi):
Teman2, Komputer, Shift Studio, Cover Album, dll

Sebelum menjual lagu hal yang mesti dilakukan :

1. Marketing (Network)
Lagu harus populer terlebih dahulu

2. Parameter
Putar lagu kepada anak 5 - 9 th 4 sd 5 kali (kalo anak suka & hafal Potensi

menjadi HITS)

3. Lagu dipublikasikan di Radio
Rules : Lagu lolos QC, Timing yang tepat kirim lagu ke Radio, lagu

muncul di chart berarti ada demand baru bisa jualan

Market jenuh?beri lagu FRESH contoh RAN, SAMSONS album pertama

Jual lagu :
1. Fisik CD, VCD, kaset
2. Digital mp3, aac, wav dll


Bisnis Model
- Online musik portal (iTunes dll)
- subscription
- Bundling
- Bulk Sponsorship (Bayar Royalti dimuka, ada lebih dibayarkan sisanya)

Download
- Ringtone
- Trutone

Streaming

- RBT
- Internet Radio
- IPTV OTA Broadband Mobile

Pembicara : Akhda GenID

Membahas tentang pola penjualan Online Musik Portal & mengenalkan GenID sebagai storage konten dalam hal ini musik/lagu.
Untuk label2 yang sdh ada kerjasama dengan Major Label seperti SonyBMG, Aquarius, dll.(tidak tertutup CP & indie label untuk kerjasama)

Tujuannya adalah untuk dapat mengontrol traffic download yang terjadi di Operator & online musik portal.
Proses upload terjadi apabila telah ada Kontrak antara label & setup katalog.

Quality Controlnya dengan menentukan harga

Prosedur Upload :
1. Konten
2. Metadata
3. Cover
4. Upload
5. Sound Check
6. List Check
7. Live

Prosedur Take Down :
1. Prosedur Manual
2. Take Down
Post a Comment